Menjadi Manusia Merdeka

I decided long ago, never to walk in anyone’s shadows
If I fail, if I succeed
At least I’ll live as I believe
No matter what they take from me

Begitulah potongan lirik lagu Whitney Houston yang berjudul “Greatest Love for All”.  Makna lirik tersebut sangat dalam. Bagi saya itulah hakekat orang merdeka, tidak berjalan di bawah bayang-bayang orang lain. tentu saya hal ini bukan berarti kita tidak butuh orang lain. Cinta orang lain kepada kitalah yang memungkinkan kita untuk merdeka.

Saya mengamati banyak orang yang hidup di bawah bayang-bayang orang lain. Banyak sebab. Hutang budi adalah salah satunya. Apalagi kalau di pemberi budi memang pamrih untuk mengekang dia. Padahal sudah jelas bahwa pemberian yang diiukuti dengan kata-kata atau perbuatan yang menyakitkan tidak disukai Allah. Banyak ayat Alquran berbicara tentang itu. Tidak jarang kita dengar, “Lho, kan saya yang merintis kerjasama ini dan itu”, “Coba kalau tidak ada saya, apa jadinya”, dan masih banyak lagi. Kalau Anda menemukan orang yang seperti ini, pikirkan dua kali sebelum  Anda menerima tawaran budi darinya. Jika tidak, Anda telah menggadaikan sebagian kemerdekaan Anda.

Bukankah tauhid mengajarkan kita untuk tidak menggantungkan nasib kepada selain Allah. Apa yang kita dapat adalah hasil jerih payah kita, tetesan keringat kita, dengan perkenan Allah. Dan percayalah, Allah Maha Adil. Allah tidak akan menyengsarakan hambanya selama hamba tersebut mau berusaha dan berjuang. Sebuah hadist di Kitab Riyadush Shalihin menyebutkan bahwa Allah akan mengikuti kehendak hambanya.

Karenanya selalu berbaiksangkalah kepada Allah. Positive thinking. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok, besok adalah misteri. Itulah mengapa hidup ini menjadi menantang dan indah.

Guru Kungfu dalam “Kungfu Panda”, sebuah film animasi besutan DreamWork, mengatakan, “Yesterday is history, tomorrow is mistery, today is gift. That is why it is also called present”. Selama Allah masih memberikan kesehatan dan kesempatan kita, mari kita menjadi manusia merdeka

9 comments
  1. wahyu said:

    Oakley makes the shades that transform a tool
    You’d hate for the kids to think that you lost your cool

    I’ma do the things that I wanna do
    I ain’t got a thing to prove to you

    I ain’t gonna wear the clothes that you like
    I’m finally dandy with the me inside

    Ini juga ada lagu yang inspirasi saya untuk merdeka..

    Saya pernah mengikuti training pak, ada quote dari instruktur yang mirip dengan yang dikatakan Guru Kungfu,

    “Today is Yesterday, Tomorrow is Today”

  2. Menghindar dari orang yang suka ‘menagih budi’ adalah mudah, yang sulit adalah menghadapi orang tua yang suka mengatakan “kalau kamu sayang ibu, kalau kamu tidak ingin mengecewakan ayah, maka kamu harus jadi ini, jadi itu …”.
    Bagaimana ini, Pak fathul?

  3. Fathul Wahid said:

    @Mas Wahyu, Nuwun atas tambahannya. Banyak perspektif bagaimana orang mengartikan merdeka.

    @Bu Tuti, Nah itu bu. Memang tidak mudah, tetapi kok saya masih percaya ya, kalau kita pinter-pinter menyampaikan dan mengambil hati dengan penuh pengertian, insya Allah akan berakhir baik. Saya pernah mengalami sendiri sewaktu saya tidak boleh sekolah S1 jauh-jauh. Waktu UMPTN ya memang akhirnya tidak lolos, dan harus kembali ke Yogya, ke UGM. Setahun kemudian, saya berusaha meyakinkan, dan ridlo Ibu diberikan. Akhirnya saya pun keterima di ITB Bandung, meski tidak belajar sebelum UMPTN. Apapun itu, biasanya keinginan orangtua dilandasi rasa cinta dan sayang kepada anaknya, ingin dekat dengan anaknya, dan seterusnya.

  4. “Yesterday is history, tomorrow is mistery, today is gift. That is why it is also called present”.

    wah, jadi tahu ternyata gitu ya asal present tenses di bhs Inggris. berarti present tenses itu artinya ‘kalimat hadiah’ ya pak? hehehe.

  5. naizalnorewan said:

    Ass.W.W.

    Met Kenal ya Mas Fathul ! Saya menyukai artikel-artikelnya Mas Fathul.

    Wassalam
    Drs. Saddia Naizal Norewan.
    Yuniarti,SE
    Riri Dianti Pratiwi
    Izza Khairani Fitri
    in
    Kuala Lumpur
    Malaysia

  6. naizalnorewan said:

    Maaf mas saya minta jawaban Mas sedikit atas pertanyaan saya nich,

    siapa figur terbaik di republik indonesia saat ini menurut mas Fathur dan mengapa mas fathur menyukainya. jawaban boleh ke email saya okey.

    Wassalam
    Drs. Saddia Naizal Norewan.
    Yuniarti,SE
    Riri Dianti Pratiwi
    Izza Khairani Fitri
    in
    Kuala Lumpur
    Malaysia

  7. Manusia merdeka adalah manusia yang selalu dilapangkan jalannya oleh ALLAH.

  8. klo saya punya anggapan. merdeka adalah “beruntung”, tidak mengikat dan tidak terikat… bebas melompat dan selalu kuat dan memiliki tekad dan tentu saja ikhlas, krn segala sesuatu yang terpaksa dapat menimbulkan efek belum merdeka.
    dan tentu saja tetap smuanya harus tetap dalam koridor fii sabilillah

    ini menurutku loh, kalau anda???

Leave a Reply

