Circle of Life

Till we find our place
On the path unwinding
In the circle
The circle of life
Circle of life

Demikian bait terakhir lagu dengan judul Circle of Life, soundtrack film animasi Lion King. Lingkaran kehidupan adalah pesan sentral lagu ini. Apa yang sekarang di atas, suatu saat bisa kembali ke bawah, dan sebaliknya.

Lingkaran kehidupan bisa juga bermakna lain. Seorang bijak pernah mengatakan kepada saya, kalau kita parkir menghalangi jalan orang jangan marah kalau suatu saat jalannya dihalangi orang. Jika kita berbuat baik kepada seseorang hari ini, yakinkan pada suatu saat nanti akan ada yang membalas. Dan sebaliknya, jika kita hobi menanam angin, jangan kaget jika nanti akan menunai badai.Hidup sebarnya adalah sebuah lingkaran yang terus berputar. Kita tidak tahu apakah kita akan terus di atas. Karenanya, jika Anda kebetulan merasa di atas, jangan sok. Kata orang Jawa, ojo dumeh, ojo adigung. Setiap sesuatu ada gilirannya. Dan, tidak jarang hal itu di luar prediksi kita.

Sebagai ilustrasi. Masih ingat kasus Enron di Amerika yang bangkrut beberapa tahun lalu? Atau sekarang, Lehman Brother yang sebesar itu di Amerika juga kolaps? Siapa sangka.

Tetapi yakinkan, selama kita berbuat baik dengan niat baik, kita insya Allah orang akan selalu berbuat baik kepada kita. Ya, kalau tidak ada? Yakinlah, akhir dunia bukanlah titik. Masih ada alam setelah dunia. Di sanalah setiap aksi akan diberikan reaksi. Baik dibalas dengan kebaikan, dan sebaliknya. Itulah lingkaran kehidupan.

1 comment
  1. dieyou said:

    aksi->rekasi , seperti karma….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: