Ada Apa dengan Local Genius

Dalam sebuah tulisan di kolom rutin di Kedaulatan Rakyat, Almarhum Prof. T. Jakoeb dengan menggelitik bertanya, “Jenius kok lokal?”. Yang disebut jenius  (translasi langsung dari genius) harusnya bersifat global. Genius dalam Kamus Cambridge adalah very great and rare natural ability or skill, especially in a particular area such as science or art, or a person who has this. Intinya: sesuatu yang istimewa, tidak biasa.

Mengapa harus repot dengan local genius? Tentu saja ini bukan latah ikut-ikutan lembaga lain, tetapi didasari dengan kesadaran akan pentingnya memahami dan mengidentifikasi local genius yang dipunyai untuk selalu eksis dan berkembang. Menyambung pertanyaan menggelitik Prof. T. Jakoeb, dalam Alquarn ada sebuah ayat yang memberikan perumpanaan dengan sangat baik untuk memberikan deskripsi local genius. Local genius sebagai sebuah diferensiator yang kontekstual, ibarah kalimat penyelamat, salam yang oleh Allah diumpamakan seperti pohon yang baik, akarnya teguh menghujam ke bumi dan cabangnya menjulang ke langit (QS. Ibrahim 14 : 24).

Local genius harusnya merupakan terjemahan dari nilai-nilai, budaya, kapabilitas internal yang menjadi kalimatun sawaa, common denominator, kesadaran bersama yang terinternalisasi secara baik, tetapi pada saat yang sama, local genius tersebut harus dapat membawa institusi menjulang tinggi, bermain di kancah yang lebih tinggi, baik nasional maupun global. Hal ini berarti, pemilihan local genius harus dilakukan dengan serius, termasuk melihat prospeknya untuk diangkat menjadi sebuah diferentiator yang dapat diunggulkan dan sulit ditiru. Dalam bahasa lain, inilah yang disebut dengan sustainable competitive advantage.

3 comments
  1. ahmad said:

    maf, pak nanya
    klo buat blog dengan eccount UII gmn ya terus menghubngi sp ? thanks

  2. @ahmad: setahu saya, hanya staff dan dosen uii saja yang berhak mendapatkan akun blog UII. di luar itu, untuk saat ini belum bisa..*numpang sedikit jawab pak:D*

    • Fathul Wahid said:

      @Mas Nico, Terima kasih telah dibantu jawab. Nampaknya memang seperti itu. Untuk memastikan silakan hubungi IT support. Siapa tahu ada perubahan kebijakan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: