Guanxi: Seni Menjalin Hubungan

guanxiIni buku agak lama. Terbit pada 2006, dan saya membelinya pada awal tahun 2007 di sebuah toko buku di Makati, Filipina ketika mengikuti konferensi dengan biaya sepenuhnya dari IDRC Kanada.

Buku setebal 300 halaman ini berturut tentang guanxi, seni menjalin hubungan resiprokal dalam budaya China. Kasus utamanya adalah bagaimana Microsoft membangung hubungan bisnis di China mulai tahun 1984 yang dimotori oleh Bill Gates yang ketika itu baru berumur 39 tahun.

Banyak kisah benturan budaya yang “memaksa” Microsoft harus belajar banyak budaya China untuk bisa menjalin bisnis di sana. Seperti diketahui, salah satu laboratorium R&D Microsoft yang terbesar berada di China.

Terdapat enam tantangan budaya di China yang harus “ditaklukkan” untuk sukses. menurut buku Guanxi: The Art or Relationship yang ditulis oleh Robert Buderi dan Gregory T. Huang, formula untuk sukses bisnis di China tersebut adalah:

1. Pelajari protokol yang berlaku dan bangun hubungan yang dibingkai semangat saling percaya. Budaya China dibangun di atas semangat kepercayaan, hubungan, dan saling menghormati. Butuh waktu lama untuk membangun kepercayaan, tetapi kepercayaan dapat rusak karena banyak hal, termasuk munculnya semangat tidak menghormati, kegagalan dalam memenuhi komitmen, dan pelanggaran atas protokol yang ada.

2. Bangun strategi untuk komitmen jangkan panjang. Untuk itu, kembangkan sikap untuk lebih dahulu berkontribusi sebelum mengambil manfaat.

3. Kembangkan talenta dan kepemimpinan lokal. Perusahaan asing di China yang tidak menghargai dan mengembangkan talenta lokal dianggap eksploitatif.

4. Bersikaplah fleksibel dan terbuka terhadap kebutuhan dan praktek lokal. Orang China menentukan alasannya sendiri aturan apa yang akan digunakan dan dengan dengan siapa akan menjalin hubungan bisnis. Sebagai contoh, Coca-Cola dianggap berhasil menghindari pembajakan merek karena mengijinkan subsudiaries-nya menentukan harga produk yang terjangkau sehingga memperkenalkan produk dengan merek bajakan akan tidak berarti.

5. Bantulah membangun ekosistem bisnis lokal. China mengharapkan perusahaan asing membantu mengembangkan bisnis lokal sebagai imbalan balik atas akses pasar yang telah diberikan.

6. Bangung kepercayaan dari organisasi yang bersatu dan bersahaja. Di sini, peran public relations menjadi sangat penting, karena citra baik tidak mudah dibangun.

Nampaknya, formula ini tidak hanya berlaku di China. Ada baiknya juga, Indonesia mengadopsi yang sesuai dengan nilai luhur yang sudah berkembang di masyarakat. Dan, tentu saja, banyak yang dapat ditujukan untuk membangun ekonomi nasional tanpa terjajah ekonomi asing. Mungkin seperti itu.

8 comments
  1. assalamualaikum…

    salam kenal pak fathul!
    bagus sekali pak resensi bukunya, punya koleksi buku apa lagi pak?

    saya ingin tukeran link boleh?

    • Fathul Wahid said:

      Wa’alaikumussalam, Salam kenal juga Pak. Alhamdulillah ada beberapa di perpustakaan di rumah Pak, dan insya Allah masih bertambah. Link bapak sudah saya tambahkan ke blogroll saya.

    • Fathul Wahid said:

      Terima kasih telah mampir Mas.

  2. akhyar said:

    Lama gak posting blog lagi pak?

    Btw, sampeyan masuk salah satu kandidat dosen favorit saya nih pak, hehe… numpang lewat dulu ah, sambil menyukseskan peringkat UII di webometrics😀

  3. akhyar said:

    *kembali ngomen postingan habis oot*

    Nice book to read. Sayang saya gak kuat baca buku tebel-tebel kalo bukan novel ato buku komputer, hehe. Padahal selain kemampuan teknis, lulusan kita juga perlu skill relationship & sosial yg bagus. Perlu dimasukin ke kurikulum baru juga gak ya? hehe

  4. Alam said:

    assalamualaikum.. nice post pak.. sangat membantu dalam menjalani hidup ini..

    • Fathul Wahid said:

      Wa’alaikumussalam Mas Alam. Makasih telah mampir. Keep in touch!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: