Absensi atau Presensi

“DPR akan segera merealisasikan sistem absen pemindai sidik jari (finger print),” demikian penggalan berita di banyak media pekan ini. Apakah ada yang janggal? Sekilas tidak, tetapi kalau kita cermati, penggunaan kata ‘absen’ menjadikan kalimat tersebut menjadi aneh. Memang dalam keseharian kata ‘absen’ yang berasal dari bahasa Inggris ‘absence’ (kata benda abstrak) atau ‘absent’ (kata sifat), yang oleh KBBI diterjemahkan menjadi ‘tidak masuk’ atau ‘tidak hadir’.

Pertanyaannya adalah, apakah sistem yang akan diinstal di gedung DPR, utamanya, digunakan untuk merekam anggota DPR yang hadir atau yang tidak hadir. Anda mungkin menjawab, dua-duanya. Tetapi dari sisi pilihan kata, nampaknya akan lebih elegan jika digunakan sistem presensi, dan bukan sistem absensi.

Kerancuan penggunaan kata ‘absen’ juga digunakan pada ‘daftar absensi’, atau bapak/ibu guru sering mengatakan, “Kelasnya diabsesn dulu ya”. Yang tepat adalah ‘daftar presensi’, karena daftar tersebut, sebagai sistem dengan pemindai sidik jari di atas, tujuan utamanya adalah mencatat yang hadir atau masuk, dan bukan sebaliknya.

Mengapa kerancuan ini terjadi? Dugaan saya karena pengaruh sewaktu di SD dan juga di SMP atau SMA, yang setiap kelas menggantung ‘Papan Absensi’. Istilah ini betul karena yang dicatat di papan tersebut adalah yang absen, bukan yang hadir. Tetapi, nampaknya penggunaan papan inilah yang memicu kerancuan dalam penggunaan kata ‘absen’ dalam konteks lain.

Jadi kalau Anda mahasiswa, dan kawan Anda, mengatakan ‘titip absen’, maka Anda akan salah jika menandatangani daftar presensinya. Jika Anda sayang dengan kawan Anda, seharusnya Anda membiarkan daftar hadir tersebut kosong. Ini menunjukkan Anda paham maksud kawan Anda (dan cerdas!!!), dan sekaligus tidak mau menipu dosen.😉

1 comment
  1. heru said:

    betul pak, selama ini yang di catet kan yang hadir, bukan yang tidak hadir.

    semenjak kuliah ini saya sudah terbiasa dengan kata presensi bukan lagi absensi,

    sbelumnya saya sudah terbiasa dengan kata absensi ketika SD,SMP dan SMA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: