eKTP Tidak Boleh Difotokopi

Ketika membaca kepala berita di salah satu media online tersebut, saya bahagia sekali. Apa yang saya bayangkan sejak diperkenalkannya eKTP akhirnya kesampaian. Tidak perlu fotokopi eKTP untuk mengurus berbagai keperluan. Mendagri melarang memfotokopinya dengan Surat Edaran Nomor 471.13/1826/SJ yang dikeluarkan tanggal 11 April 2013. Saya bayangkan, untuk mengurus berbagai keperluan di lembaga pemerintah atau lembaga perbankan, cukup membawa eKTP dan di sana sudah tersedia pembacanya. Tidak ada lagi tangan pegal karena mengisi data yang sama secara berulang. Data sudah terintegrasi, tidak perlu mengisi formulir yang biasanya lumayan panjang. Fotokopi eKTP adalah masa lalu. Luar biasa bukan?

Ternyata apa yang terjadi tidak seperti yang saya bayangkan. eKTP dilarang untuk difotokopi karena takut rusak. Hah. Terus terang, ini lucu, tetapi sekaligus membuat miris. Memang eKTP yang didalamnya ada chip yang menyimpan data bisa rusak. Ada umur teknologi. Hanya saja, kalau sampai mesin fotokopi bisa merusaknya, ini yang saya baru tahu. Kalau ada eKTP yang distapler, itu sih memang bodohnya yang melakukan. Saya mempunyai kartu serupa yang dikeluarkan oleh lembaga lain, tetapi tidak pernah menemukan surat edaran serupa. Bisa jadi karena ketidaktahuan saya. Tapi saya yakin di bumi Indonesia ini, tidak sulit menemukan orang yang sebodoh saya.

Sebagai warga negara yang masih menyimpan harapan besar untuk kejayaan Indonesia, saya hanya berharap, janji bahwa pada lambat akhir 2013, semua lembaga pemerintah sudah mempunyai pembaca eKTP dapat terpenuhi. Tetapi, kalau sampai awal 2014, masih ada persyaratan mengumpulkan fotokopi eKTP dan mengisi data keluarga lain untuk mengurus berbagai keperluan di lembaga pemerintah (khusunya), saya tidak tahu harus berkata apa lagi. (Nggaya! Memangnya saya siapa?). Mudah-mudahan ‘doa yang mengancam’ ini terkabulkan. Amin.

Yogyakarta, 6 Mei 2013

Seorang warga negara yang sedang galau🙂

4 comments
  1. hehe, bener2 pak … turut berdoa, semoga

    • Fathul Wahid said:

      Nuwun sudah mampir Mas Syam, dan juga untuk tambahan informasinya.

Leave a Reply

