Hedonic treadmill

Anda sangat sedih ketika mobil mewah  yang baru berumur beberapa hari terserempet orang di jalan? Sangat wajar. Apakah perasaan Anda sama ketika mobil Anda diserempet orang yang ke-20 kali setelah satu tahun. Sangat mungkin berbeda.

Sebaliknya, ketika mobil mewah Anda baru datang dari showroom dan menggunakannnya untuk jalan-jalan bersama keluarga, perasahaan bahagia luar biasa Anda rasakan. Apakah perasaan yang sama Anda temukan setelah beberapa bulan berlalu? Kok, nampaknya tidak.

Perasaan sangat senang atau sangat sedih tidak berlangsung lama. Meski Anda dapat mengejar karir atau proyek bernilai fantantis, kebahagiaan yang didapatkan karenanya tidak akan berlangsung lama. Perasaan sedih akibat kehilangan barang atau orang orang yang kita cintai juga sama. Tidak berlangsung seterusnya.

Inilah yang disebut dengan hedonic treadmill oleh Rolf Dobelli dalam bukunya The Art of Thinking Clearly. Konsep serupa nampaknya sudah sejak lama diungkap oleh Imam Ali bin Abui Tholib yang terekam dalam Nahjul Balaghah, kumpulan kata hikmah. Di sana, Imam Ali mengatakan:

“Ahbib habibaka haunan ma, ‘asa an yakuna baghidhoka yauman ma. Wa abghidh baghidhoka haunan ma, ‘asa an yakuna habibaka yauman ma”.

Cintailah kekasihmu itu sekedarnya saja, boleh jadi kamu akan membencinya suatu ketika. Dan bencilah orang yang kamu benci sekedarnya saja, boleh jadi kamu akan mencintainya suatu ketika.

Mengapa sekedarnya? Karena perasaan cinta, bahagia, benci, atau sedih itu tidak berlangsung selamanya, hanya sementara!

Sleman, 5 Desember 2013
Renungan ringan setelah menguji tujuh mahasiswa dalam dua hari🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: