Dilahirkan dari keluarga sederhana di sebuah desa kecil di ujung selatan Kabupaten Jepara. Anak sulung dari empat bersaudara. Masa kecil sampai SD dihabiskan di desa. Pendidikan dasar ditamatkan pada tahun 1986 di SDN Teluk Wetan III Welahan Jepara, sambil belajar agama di Madrasah Diniyyah Awwaliyah Al-Ishlah di desa yang sama.

Tahun 1986 hijrah ke Kudus untuk menempuh Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kudus. Selama di MTsN, juga bersekolah di Madrasah Diniyyah Mu’awanatul Muslimin di Komplek Masjid Menara Kudus, dan “nyantri kalong” di Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimin, Jagalan, Kudus.

Tahun 1989, memberanikan diri sekolah di Yogyakarta. Di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, pendidikan SMA ditamatkan, pada saat-saat awal sambil “ngekos” di dekat Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak supaya masih bisa “dikit-dikit” mengaji.

Selepas SMA, pada tahun 1992, sempat “mampir” satu tahun di Jurusan Manajemen Universitas Gadjah Mada, sebelum akhirnya menyelesaikan pendidikan sarjana di Jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung pada tahun 1997. Pada tahun yang sama, bergabung dengan Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta sebagai dosen. Impian sejak lama, dan Allah mempercepat waktunya. Beberapa bulan setelah bekerja, memberanikan diri menikahi seorang gadis cantik, Nurul Indarti, dari Yogyakarta. Pada 23 Agustus 1999, dikaruniai amanah berupa gadis kecil bernama Aqila Salma Kamila.

Setelah de facto bergabung dengan UII selama hampir tiga tahun, tetapi de jure dua tahun, mendapatkan nikmat dari Allah berupa kesempatan menemani istri sekolah, sambil sekolah, di Norwegia. Tahun 2000, mengikuti kursus Bahasa dan Budaya Norwegia bersama istri di Hogkolen i Bo, Telemark, Norwegia, dan pada tahun 2001 memasuki Program Master Sistem Informasi, University of Agder. Mulai awal 2003, menghabiskan waktu di Bergen untuk menulis tesis dengan bimbingan jarak jauh dari Claremont, sambil menemani istri yang sedang mengambil masternya yang kedua di Norgeshandelhoyskole (NHH). Kembali ke tanah air pada pertengahan tahun 2003.

Sejak saat itu, waktu dihabiskan sebagai karwayannya Gusti Allah di UII dan melayani keluarga kecil bersama gadis kecil yang sekarang sudah berumur 13 tahun (2012, kelas 2 di SMP Budi Mulia Dua Yogyakarta) dan seorang istri yang mengisi hari-hari dengan berbagi ilmu sebagai dosen di Universitas Gadjah Mada.

Sebuah kenikmatan yang luar biasa kembali dikaruniakan Allah dengan hadirnya seorang gadis kecil bernama Ahsana Zaima Mahira pada 13 Mei 2011.

Mulai September 2010, kembali nyantrik dengan menjadi research fellow pada Department of Information Systems, University of Agder, Norwegia. Pendidikan S3 di institusi yang sama diselesaikannya pada September 2013.

67 comments
  1. hudi said:

    orang jepara ya.. wah sama mas, saya juga asli pecangaan.
    Salam kenal

    Hudi

  2. Fathul Wahid said:

    @Mas Hudi, Salam kenal juga mas.

  3. Erwin said:

    Pak Fathul adalah Dosen ku. Ingat sekali, waktu kuis[ Algoritma dan Pemrograman I & II ] siapa yang dapat Nilai Sempurna di Kasih Uang.

  4. Allez said:

    you are ‘the Special One’ in Informatic Community…!!!
    — the Special One not like Mr. Jose — …

  5. zeindrisaputra said:

    Ass,
    wah kalau bapak tamat SD-nya tahun 1986, saya baru lahir tu pak.
    Tp saya sangat salut sama bpk krn pengalaman yg se-abrek dan berani mencoba, itu semua memberi contoh dan motivasi bagi saya. Apa lg saya kagum dgn kewibawaan bpk, saya ingin sekali seperti bpk tp keberanian dalam diri blm muncul sedikit pun. (Masih gugup bgt gtu pak berbicara didpn umum.)
    Salam knl aja ya pak, saya selalu bangga dgn bapak. Wsslm.

  6. Fathul Wahid said:

    @Mas Erwin, Sukses selalu, malah saya sendiri sudah lupa kalau dulu sering memotivasi mahasiswa di kelas dengan hadiah uang.😀 Sekarang masih sama mas, tetapi dalam bentuk yang lain, seperti tugas yang bagus dibeli untuk diterbitkan dalam bentuk buku.

    @Mas Allez, Thanks.

    @Mas Zeindri, Dalam kehidupan ada tahapan. Tahapan bisa dilalui dengan cepat atau lambat adalah pilihan kita. Berlatih membuat sempurna.

  7. Assalam…
    Saya dengar dari Pak arif HIdayat kalau UII mau bikin UKM centre , FTI embrionya…, kalau boleh saya mohon waktu diskusi sama pak fathul…., rencana tesis saya juga tentang UKM.. Kalau punya waktu, pak fathul yang tentukan, saya nderek… kemarin saya diskusi sama pak arif disuruh ikut rapat hari kamis, wah ya gak enak, kalau tiba2 muncul… Mohon waktunya pak, (sedikit banyak saya juga bisa bantu mungkin terkait pengembangan UKM, khususnya oleh FTI)

    Nembah Nuwun Sakderengipun
    Mugi tansah pinaring kabejan…..
    Wassalamu’alaikum ….

  8. Makasih atas waktunya pak.. kamis pagi saya menemui pak fathul di FTI
    Nuwun…

  9. Barto said:

    mat siang mas,
    setelah memmbaca profil jejak kehidupan, saya bangga karena tidak semua orang bisa seberuntung mas fathul. Banyak hal yang belum saya dapatkan dari mas Fathul karna waktu pelatihan cuma 1 hari ( SIMPEGDA INNA GARUDA HOTEL). Proficiat buat Bapak.
    BARTO ( BKD LEMBATA )

  10. Fathul Wahid said:

    @Pak Barto, Met jumpa lagi. Senang juga bisa diskusi dengan Bapak waktu workshop. Banyak informasi yang saya dapatkan dan bisa saya share dengan yang lain. Sukses untuk tugas Bapak di Lembata. Kalau ada yang mau didiskusikan, feel free untuk kontak saya per email Pak.

  11. yossy said:

    maaf aku baca-baca tulisan Anda. he3. salam kenal

  12. Fathul Wahid said:

    @Yossy, Salam kenal juga.

  13. Mohon izin pak, alamat Blog Bpk saya tautkan di Blog saya. Trims

  14. Mudah2n ilmu yang pak fathul miliki, menjadi ilmu yang bermanfaat…. amin..amin..amin..

    Blog nya sy link di blog sy y pak…

    Salam kenal, sukses selalu…

  15. abu amr said:

    assalamualikum wrwb…….
    kang fath alumni Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimin, Jagalan, Kudus ya ….
    masih sering sowan ke mbah yai ma’ruf nggak?????
    pripun kabare mbah yai…
    alhamdulillah ak juga pernah menuntut ilmu dsana,tp yo dasare ak wong male,jd nggak dilanjut sampe lulus….
    salam kenal aj ya kang fath….
    wassalamu’alaikum wrwb

  16. liy said:

    Wah Pak Fathul orang Jepara ya.. saya asli Kudus pak, rumah saya dekat “kenepan” tepatnya di desa Damaran Wetan, belakang masjid Damaran. Tapi bapak saya orang Jepara, di desa Surodadi, mungkin dekat dengan Welahan ya pak..
    salam kenal…

  17. Achsin El-Qudsy said:

    Assalamu’alkum
    sebuah kebanggaan tersendiri mempunyai kakak kelas di Madrasah Mua’wanatul Muslimin yang sekarang jadi dosen di UII. Dan juga pernah mondok di Yi Ma’ruf.

    mas haidar juga alumni ITB sekarang kerja di Pertamina.

    Wassalamu’alkum
    Achsin el-Qudsy

  18. ibro said:

    Assalamu’alaykum,

    Bertemu juga akhirnya sama Fathul, walau cuman di jagat blog.
    Gimana kabarnya sekarang pak Dosen?

  19. asri said:

    assalamualaikum..
    iseng2 saya liat blog ini. Setelah baca sekilas tentang perjalanan hidup bapak, saya merasa kagum. Pak, boleh minta tips2nya ga biar dapat beasiswa? Saya ini tinggal di pesantren, kls 3 SMA sedang persiapan ujian dan pastinya prepare u/ masuk PTN. Bapak punya tips2 ga biar saya dapat beasiswa? di dalam / pun di luar negeri. Syukur2 pertanyaan saya di balas, ga juga ga pa2, saya tahu bapak mungkin sibuk. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih, saya berdoa pd Allah mudah2an suatu saat saya bisa bertemu bapak, amin.

    Ukhti Asri fi Ciamis

  20. Fathul Wahid said:

    @Teh Asri
    Wa’alaikumussalam. Terima kasih telah mengunjungi blog saya. Tipnya sih sederhana. Apapun yang kita lakukan, kita lakukan dengan serius. Harus berani galak dengan diri sendiri. Jangan lupa tertib ibadah. Untuk beasiswa, coba kalau punya akses Internet bisa dicari diberbagai milis, forum, atau lewat seacrh engine. Insya Allah kalau niat lurus, Allah akan memudahkan.

  21. amr said:

    kang fath dah denger blum klo mbah kyai ma’ruf irsyad mpun sedo bln agustus lalu

  22. Fathul Wahid said:

    Innalillahi wainna ilaihi roji’un. Terima kasih infonya Kang Amr. Saya baru tahu. Saya terakhir sowan ke pondok belasan tahun yang lalu. Saya sering ditanyakan karena Pak Yai kalau pas ngisi pengajian di masjid desa ya, panitian ada di rumah bapak/ibu saya. Mudah-mudahan Pak Yai mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah subhanahu wata’ala.

  23. henry said:

    Asslm..Mohon izin pak, alamat Blog Bpk saya tautkan di Blog saya. wslm

  24. Fathul said:

    Silakan saja Mas Henry.

  25. oedi said:

    askm..
    Hmm sudah bbrp kali memberikan komentar di tulisan Bpk, tp baru skr bisa memberikan koment di page ini. oh ya Pak saya sudah lama mentautkan blog ini. maaf baru sekarang minta izin. semoga Bpk berkenan.??
    Sebuah kebanggan tersendiri bila bisa berkenalan dan menjadi saudara dg pak Fathul Wahid ini. tidak perlu saya beberkan apa yang menjadi kelebihan beliau, karena pasti akan banyak sekali. tapi yang jelas akan banyak faedah yang bisa di dapatkan dari hubungan itu.
    terus berkarya dan sukses untuk karya-karya itu. semoga akan selalu bermanfaat baik bagi diri sendiri juga bagi orang lain.
    wassalam…

  26. aryati said:

    ass p fathul…
    saya aryati, alumni T. Inf 00 (^_^)
    Bapak, ary mhn ijin,kalau bapak berkenan alamat blog bapak ary tautkan dalam blog ary🙂
    terima kasih sebelumnya p fathul🙂
    Jujur, ary banyak terinspirasi dengan apa yang bapak tuliskan di blog bapak, terinspirasi dan terobsesi untuk menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat bagi banyak orang🙂
    Sayang bapak, waktu ary kuliah dulu, ary blom banyak bisa berdiskusi dengan bapak, karena memang kebetulan ary cuma ambil 1 matakuliah bapak dulu. Tapi, dari 1 matakuliah itu, ary melihat sosok bapak yang Luar biasa, seorang yang bukan hanya pengajar yang hanya mentransfer ilmunya tetapi juga seorang motivator, sehingga akhirnya membuka cara pandang ary tentang kehidupan, bahwa ternyata manusia dilahirkan untuk selalu belajar “BORN TO LEARN ” dalam semua hal di kehidupan ini🙂. Terima Kasih bapak🙂. Jadi semangat terus p🙂

  27. Fathul said:

    @Mbak Aryati, Silakan saja mbak. Sekarang kerja di mana mbak? Sukses selalu ya.

  28. pak wahid, sebenernya aku ikut ikutan aja koyo sampeyan ketak ketik ndo koyo ngene iki, tapi gelagatnya ko’ bagus juga yaaa, dengan pas pasan kebisaanku, yo wis lah meluu,ele apik gaweane dewe. dari dulu hingga kini menurutku sampeyan bagus kanan kiri nduwur ngisor sing nyamping juga melu ora popo.hehehe, di add friend boleh ? sapa tau teman kerabat sodara dan handai tolane sampeyan ngomentari aku kan lumayan, entu’ lebonan.Ele apik tompo wae. :)) thank’s alot

  29. Ass. mas Fathul
    saya Haryo”SuketAbunawas”UIInews, alumni SMA Muhi 1986. Alhamdulillah sekarang ini baru jadi ‘Bapak’-nya majalah FORUM Moehi, ikut membimbing wartawan2 siswa media SMA Muhi Yk., dimana dulu panjenengan jadi Pimred-nya juga dikala SMA.
    Mohon ijin blog panjenengan saya link-kan di blog saya, untuk bisa nyambung silaturohiem kita. Dari blog panjenengan, saya banyak belajar bahwa ternyata manusia dilahirkan untuk selalu belajar “BORN TO LEARN ” dalam semua hal di kehidupan ini, Semoga panjenengan berkenan dan Matur nuwun sanget.
    Wassalamu’alaikum wr.wb.

  30. arif said:

    mas wahid, seneng baca blog sampeyan, aku arek jawa timur yang pernah jd temen sma-mu. sy sgt sng pny temen dgn pengalaman yg byk + sukses spt kamu. smoga anak2ku nanti bs sepintar kamu

  31. Fathul Wahid said:

    @Kang Daiman, Wah dengan senang hati Mas. Tambah dulur.

    @Mas Haryo, Silakan saja Mas. Kita saling belajar dan dongo-dinungo Mas.

    @Mas Arif, Wah seneng bisa ketemu lagi. Piye kabare Mas?

    • masguru8055 said:

      Maaf mas,njenengan waktu di SMA Muhi pas jadi Pimred Majalah FORUM Moehi tahun brapa ya? Ini adik2 kita para Wartawan Moehi berncana mau buat komunitas almamater ‘koki-koki’-nya Majalah FORUM Moehi.Semoga harapan mereka yg mulia ini utk nyambung silaturohim ini bisa kita apresiasi dg suka cita.Matur nuwun sebelumnya.Oya, kapan2 tulisan panjenengan di blog ini kami sunting untuk majalah FORUM ya…nuwun.

      • Fathul Wahid said:

        Seingat saya tahun 1990-1991 mas. Lupa dulu sempat terbit berapa kali. Yang saya ingat, untuk setting sempat pake gunting tempel dan rugos, terus sempat juga pake komputer. Kalau ada komunitas, bagus mas. Saya ikut mendukung untuk perkembangan adik-adik. Soal tulisan yang disunting, silakan saja mas, kalau dianggap ada manfaatnya. Nuwun.

  32. Kurnaeni, Kunkun said:

    Asslamualaikum wr. wb.

    Dimas Fathul, Hvordan har du deg? (mudah-mudahan Norsk nya masih bener).
    Masih ingat waktu kita bareng di Wisma Duta (Bigdoy Oslo)?
    Saya dapet alamat ini dari Diajeng Nurul. Kebetulan saya ketemu beliau di FB. Senang bertemu lagi dengan kalian berdua. Sukse terus, ya!

    • Fathul Wahid said:

      Wa’alaikumussalam Kang Kunkun, Det gaar bra. Masih ingat dikit2 norsknya Kang. Kumaha, damang? Sekarang tinggal di mana Kang? Sukses ya. Salam untuk keluarga.

  33. Halo Mas,
    Seneng liat blog nya. Salam kenal lagi. Aku dulu adik kelas di Muhi.

    salam,
    Mama

    • Fathul Wahid said:

      Halo juga Mbak Mama, Makasih sudah mampir. Saya juga sudah lihat blognya. Bagus.

  34. darsin said:

    Assalamualaikum bapak Fathul Wahid.aku Darsin di Mayong Jepara.Kalau aku lihat cari cerita bapak,ekonominya bagus.Aku berusaha meniru langkah bapak walau ekonomi saya kurang.Selama ini aku memang punya mimpi sekolah tinggi pak.Alkhamdulillah,sambil kerja di PT.Telekomunikasi di Semarang,sekarang aku tinggal menunggu wisuda dan mau nerusin kuliah lagi.Pak Fathul,mohon saran dan nasehatnya.

  35. Fathul Wahid said:

    @Mas Darsin. Sama mas, saya bukan dari keluarga kaya. Saya bahkan sewaktu kuliah sudah nyambi kerja. Yang penting niat yang lurus dan berusaha serius Mas. Sekolah S2 juga dibayarin. Bismillah Mas. Sukses ya.

  36. Yudhi said:

    Mas Fathul, yg saya tau adalah kakak kelas saya waktu di Muhi (saya angkatan 93) dan yg saya tau jg kalo gak salah selalu langganan jadi siswa teladan waktu itu. Kebetulan adik saya adalah murid mas Fathul di UII informatika namanya Toni Darmawan dan waktu dia lulus diterima jadi dosen di Informatika tp dia nolak karena harus kontrak 10 thn.

    Senang bisa ketemu disini lagi mas..sukses selalu ya

    • Fathul Wahid said:

      Mas Yudhi, terima kasih telah mampir. Njenengan seangkatan dengan Fathul Mufid kan? Iya, saya ingat Toni Darmawan. Sekarang di mana ya dia? Sukses juga Mas.

  37. Denny_Hendrawan said:

    Pak dosen Fathul Wahid sy juga lulusan muhi 92 lho, cuma nggak sekondang pak dosen.Profesi saya sekarang jualan dingklik yang dibikin teman-temannya pak dosen di kampung halaman Menganti sm keling… he..he..
    Setelah nglamar kerjaan sana-sini dan diPHK sana-sini, akhirnya pulang kandang ke Jogja. Salam buat Mas Fathul dan keluarga njih…

  38. weh……???? kamu yg dulu ikut cerdas cermat kae yooo?????

  39. Muhammad Yusuf said:

    Pak Fathul… mudah-mudahan Allah memudahkan jalan kita untuk melanjutkan studi PhD di Norwegia 2010 ini, senang rasanya membaca blog yang penuh makna ini, terus lanjutkan menuju yang terbaik ya pak… salam dari teman UNIMUS

  40. Aida said:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Sukses ya pak wahid, senang rasanya punya teman yg hebat dan pintar..Apapun ilmu dan profesi kita semoga Allah memudahkan kita untuk selalu bermanfaat.

  41. Cakshon said:

    Salam Kenal Mas🙂
    Ijin menyimak blognya
    dan saya taruh di Blogroll, blog saya.

  42. Ratih said:

    Assalamu’alaikum pak.
    wah,bapak adalah salah satu dosen favorit saya. kalo dikelas g pernah bosan mendengarkan penjelasan bapak, bahasa yang ringan dan mudah dipahami selain itu, bapak juga banyak memberikan ilmu yang lain, seperti pengalaman bapak maupun pendapat bapak tentang sesuatu.
    sukses selalu untuk bapak dan keluaga.

    oiya pak,sekalian minta ijin untuk menautkan blog bapak di blogroll saya.

    • Fathul Wahid said:

      Wa’alaikumussalam Mbak Ratih,

      Saya senang masih diingat. Sekarang dimana Mbak? Sukses ya. Salam untuk keluarga. Silakan blog saya ditautkan untuk silaturahmi.

  43. Annisfun Nahar said:

    Apa kabar? Saya bangga setelah baca semuanya. Apa yg bisa kita sumbangkan untuk almamater kita MTsN Kudus?
    Salam kenal buat istri dan bidadari kecilnya.

    • Fathul Wahid said:

      Alhamdulillah kabar baik Bu. Apa kabar juga Bu? Sekarang di mana? Untuk almamater, monggo Bu kalau ada yang bisa saya lakukan. Saya sudah lama sekali tidak ke sana. Salam juga untuk keluarga.

  44. Annisfun Nahar said:

    Kabar baik, sekarang di Purwakarta, Jabar. Saya juga sudah lama tidak pernah ke Kudus. Ide belum ada, hanya niat untuk pengin balas jasa guru-guru.

    • nurul said:

      Apa kabar Nahar??? sory…aku gak bisa omong apa2…skrg maya di mana?

    • Fathul Wahid said:

      Syukurlah Mbak. Sudah berapa momongan sekarang? Saya di Yogyakarta. Kadang ketemu dengan Mas Nurul Muslimin. Sibuk di mana Mbak. Itu Mas Nurul tanya, Mbak Maya sekarang di mana?

  45. wah…wah… ketemu temen lawas… selamat… Eh, saiki km di belanda po? Lha temen2 Jogjait piye yoo…??? wah… ku jg lg sibuk urus dapur jeee…hehehe

    • Fathul Wahid said:

      Hehehe.. Pak, saya sudah balik sekitar dua minggu yang lalu. Agustus berangkat lagi. Saya sudah kontak2an dengan Pak Frans, cuma belum ketemu waktu untuk jumpa darat. Salam untuk keluarga.

  46. Annisfun Nahar said:

    Kabar saya & maya baik semuanya. Punten Mas Wakhid..abdi numpang deui..
    Mas Nurul, kontak email aja di annisfunnahar@yahoo.com

  47. Assamualaikum….
    Salam kenal Pak Fathul Wahid….. Saya baca2 blog bapak mjd terinspirasi dan termotivasi. Orang tua saya slalu ngendika “Jangan tinggalkan jamaah n ngaji Alquran, biar hidup di dunia mjd berkah n di selamat di akhirat”. Zaman sekarang belum banyak para ilmuwan yg jg pandai mengaji (santri). Wlopun nyantri kalong… tp saya salut dgn kemauan n semangat bapak untuk belajar ilmu agama disamping belajar ilmu umum. Sayang sekali jika seorang akademisi hebat tp tdk bisa ngaji. Pasti orang tua bapak sangat bangga memiliki putra yg sll mendoakan orang tuanya (dgn ngaji).
    Semoga ilmu bapak berkah n manfaat….
    Mohon doanya agar sya jg bs spt Bapak,…

    Saya juga pernah nyantri di Almunawwir krapyak..ditempat mbah yi Dalhar Munawwir. Blajar ngaji di krapyak sangat mengesankan…sy rindu suasana berpuasa disana.
    Tp skrng saya sudah pindah di PP Pandanaran kaliurang, di tempat mbah yi mufid..biar dekat dg kampus kedokteran.

    NB: Nama putri bapak sma dg nama ibu saya tercinta “Aqila”

    Trimakasih…

    Wassalamualaikum

    • Fathul Wahid said:

      Wa’alaikumussalam, Terima kasih Mbak Qonita atas kunjungan, doa, dan komentarnya. Blog ini untuk menyalurkan uneg-uneg ketika waktu senggang. Senang kalau bermanfaat untuk orang lain. Sukses untuk studinya. Mudah-mudahan menjadi dokter yang juga selalu peduli dengan masyarakat kecil. Saya ikut mendo’akan.

  48. Experience-nya luar biasa Pak, Mmm..mudah2an bisa mengikuti jejak Bapak dalam mengejar cita-cita mulia bagi bangsa.

  49. Salam kenal.. Mas ini papanya mila yg pny blog http://aqilasalmakamila.wordpress.com/ kan?
    blh minta alamat emailnya ga? atau akun yg aktif, fb/twitter..

    Kebetulan saya & teman2 di komunitas angel hope ada program “children help children” kita menerima hasil karya (gambar/lukisan) dr anak2, usia SD-SMP. gambar2 ini nantinya akan dijadikan desain kaos amal. seluruh keuntungan akan didonasikan u/ membantu biaya sekolah adik asuh.. jadi dgn karya pun anak bs membantu sesamanya yg kurang beruntung..🙂

    Saya suka banget sm gambar2 dek Mila, bagus🙂 Kalo boleh saya minta ijin menggunakan gambar2 dek Mila, atau mungkin bs minta tolong disampaikan ke dek Mila..

    Terima kasih..

  50. Ass. Pak Fathul Wahid, mohon maaf sebelumnya. Apakah Bapak Fathul ini yang Dekan FTI UII putranya Bp Prof. Soekartawi? Saya mahasiswa Pak Prof Soekartawi. Ketika searching nama beliau, ada informasi beliau sudah wafat. Saya mohon klarifikasi. Maaf ya di luar konteks. Wass. wr wb.

    • Fathul Wahid said:

      Www, Mas Rachmat. Saya bukan putranya Pak Soekartawi. Cuma saya merasa beruntung kenal dengan beliau sejak awal tahun 2000an dan akhirnya juga kenal dengal keluarga beliau. Betul, Pak Soekartawi sudah wafat pada November 2009. Kita doakan yang terbaik untuk Pak Soekartawi Mas. Salam, Fathul Wahid

  51. sham azzman said:

    Salam….DAKU MENCARI TIDAK BERJUMPA
    SEDANG ADA DIDEPAN MATA
    PADA SEMBUNYI TEMPAT RAHSIA
    SEDANG DAKU DIDALAM ALPA

    RAHSIA ITU DIDALAM DIRI
    LAHIR NYATA DISENTUH JARI
    NAMUN RASA AKAL MENCARI
    LANTAS DITIPU NAFSU SENDIRI

    AKAL JUA JADI TERTIPU
    MATA MELIHAT TAK SEDAR TAK TAHU
    NAMUN ITU HARUS KU LALU
    SEKADAR SYARAT MELEPASI ILMU….

    ilmu berkait dengan akal…namun akal harus ditinggal disuatu ruang alam dan kita inshaALLAH menuju suatu ruang iaitu ruang `NAQAL’….disitulah nanti ketemu jawapannya…(saya juga masih mencari tuan)

    DIRI INI ADALAH ALAM
    LEBIH LUAS DARI DUNIA
    CARILAH ILMU PERANTARA KALAM
    ANDAI DAH DAPAT ANUGERAH SEMATA

    MENANDAKAN IKHTIAR KITA ADALAH BAYANGAN SEMATA NAMUN HARUS DIAMBIL KIRA TAPI BUKANLAH SUATU KEPUTUSAN MUKTAMAD DAN BISA DIJADIKAN SANDARAN…..MARILAH KITA SAMA MENGHAYATI KEESAANNYA HINGGA HILANG RASA KITA DAN KITA KITA….AMIN YA RABB.

  52. yanto said:

    mas aslinya dulu teluk wetan bagian mana, saya juga asli teluk wetan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: