Qul ma ta’lam wala taqul kulla ma ta’lam

Saya lupa, itu ungkapan hadits atau ‘hanya’ sebuah kalimat dalam bahasa Arab. Saya dengar kalimat ini pertama kali lebih dari 20 tahun yang lalu. Seingat saya kalimat ini terkait dengan mantiq, ilmu logika, sebuah ilmu yang membahas tentang alat dan formula berpikir, sehingga seseorang yang menggunakannya akan selamat dari cara berpikir salah.

Arti judul di atas adalah “katakan yang kamu ketahui, tetapi jangan katakan semua yang kami ketahui”. Ini adalah sebuah prinsip yang nampaknya perlu dipegang oleh siapa saja. Sampaikan informasi yang kita terima demi kemashlahatan, dan simpan informasi lainnya demi kemashlahatan. Kejujuran tidak selalu sama dengan ketelanjangan informasi. Kejujuran harus selalu dikaitkan dengan kemashlahatan. Menjaga rahasia diri, sabahat, keluarga, lembaga, atau negara adalah manifestasi dari prinsip ini, jika memang dengan demikian, ada kemashlahatan lebih besar yang bisa diraih.

Dalam Alquran penggunaan mantiq dicontohkan oleh Nabi Ibrahim ketika diketahui telah merusak semua berhala dan membiarkan satu berhala terbesar yang sedang memegang kapak. Dalam siroh nabawiyyah, penggunaan mantiq juga teridentifikasi ketika Nabi hijrah dan dikejar kaum Quraisy. Dalam cerita orang-orang sholih, kita juga temukan banyak contoh.

Yang sering salah adalah hitung-hitungan akan mashlahat dan mudlorot. Ukurannya seringkali masih diwarnai ego kita. Masih ada egoisme. Nampaknya, penggunaan prinsip di atas harus dilandasi semangat altruisme, bukan egoisme sempit. Sulit? Bisa jadi. Nampaknya kok tidak elok menuntut pahala untuk sesuatu yang sangat-sangat mudah, meskipun Allah idak akan lepas menghitung amal sekecil quark sekalipun. Wallahu a’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: