Dari Pelatihan Perempuan untuk Politik (Putik)

Sabtu dan Minggu, 3-4 Maret 2007, the International Republican Institute (IRI) mengadakan pelatihan denfan tajuk Perempuan untuk Politik yang disingkat Putik. Saya kebetulan diundang sebagai salah satu pembicara.

IRI melakukan ini untuk menyiapkan para calon anggota dewan pada pemilu mendatang.Banyak materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut, mulai dari strategi penggalangan dana, teknologi informasi (TI), sampai kepemimpinan. Program yang dijalankan di beberapa kota sekaligus di Indonesia ini khusus ditujukan untuk para perempuan partai untuk dapat meningkatkan kualitas diri dan dapat berkiprah dengan lebih baik sebagai wakil rakyat.

Khusus terkait dengan TI, pada saat pelatihan, peserta yang dari berbagai partai politik ini yang belum mempunyai e-mail langsung dibuatkan di tempat. Sebuah milis pun langsung dibentuk. Sepele? Mungkin untuk beberapa orang yang cukup akrab dengan TI. Tetapi untuk beberapa orang, ini tidak sepele.

Membuat awareness tidaklah mudah semudah membalikkan telapak tangan. Perlu proses yang cukup panjang. Pelatihan awal seperti ini dilakukan sebagai sebuah ikhtiyar ke arah sana. Saya bayangkan, kalau semua anggota dewan ke depan sudah melek TI maka percepatan penciptaan masyarakat yang demokratis dengan bantuan TI (e-government dan e-parliament) akan terjadi. Apa yang diinginkan oleh PBB dengan e-inclusion, ke depan, nampaknya dapat menjadi kenyataan, termasuk di negara-negara berkembang yang Indonesia masuk di dalamnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: